Kecepatan dan Jarak Henti Bila pengendara sepeda motor ingin menghentikan kendaraannya, pengendara menarik atau menginjak pedal rem. Tapi kendaraan pastinya tidak akan langsung berhenti namun butuh jarak lebih jauh dari titik pengendara tadi mengerem. Jarak ini disebut jarak berhenti. Jarak berhenti artinya jarak yang dibutuhkan kendaraan untuk berhenti total. (Rumus: Empty distance + Braking distance). Empty Distance Empty Distance adalah jarak saat dimana pengendara menyadari harus mengerem. Kalau diumpamakan sebagai waktu, maka empty distance berkisaran 1 detik. Braking Distance Braking Distance adalah jarak yang dibutuhkan kendaraan untuk berhenti total mulai dari pengendara mengoperasikan rem. Bila kecepatan kendaraan semakin cepat, braking distance akan semakin panjang. Berarti waktu yang dibutuhkan kendaraan untuk berhenti akan semakin lama. Selain itu braking distance juga tergantung pada kondisi permukaan jalan. Oleh karena itu pada kondisi jalan licin atau berpasirm pengendara diharap mengurangi kecepatan dan lebih berhati-hati. Jarak Berhenti Jaga jarak kendaraan anda dengan kendaraan di depan
Drum Brake Berada pada bagian roda depan atau belakang. Di dalamnya terdapat brake shoe yang akan menekan dinding drum brake bila pengendara menarik tuas rem. Tekanan pada dinding menghasilkan gaya gesek sehingga kecepatan sepeda motor berkurang. Disc Brake Pada umumnya digunakan di bagian roda depan. Di dalam struktur disc brake terdapat disc pad. Disc pad mendapat tekanan dari caliper yang terdorong karena tekanan minyak rem. Akibat tekanan ini, disc pad bergesekan denga piringan rem. Jenis Rem Sepeda Motor Disc brake terdiri dari - Master cylinder di setang - Caliper di front fork - Disc di wheel Komponen berputar bersama velg. Di dalamnya terdapat brake shoe. Semakin tinggi kecepatan, semakin besar daya tubruk yang akan diterima. Ilustrasi di bawah bisa dijadikan patokan untuk memahami hubungan kecepatan dan daya tubruk. Ilustrasi: Tabel di bawah menggambarkan daya tubruk pada kecepatan: - 60 km/jam = jatuh dari gedung lantai 5 - 70 km/jam = jatuh dari gedung lantai 7 - 90 km/jam = jatuh dari gedung lantai 10 |
Saturday, October 30, 2010
Panduan Aman Berkendara Sepeda Motor Suzuki
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Blog Archive
-
▼
2010
(1623)
-
▼
October
(49)
- Bajaj Pulsar DTS-I 2011
- Bajaj XCD 135 DTS-SI 2011
- Perawatan Busi
- Perawatan Rantai sepeda motor suzuki
- Ganti Motor Starter SMASH
- Tips Penggantian Oli Mesin Suzuki New Shogun 125, ...
- Panduan Aman Berkendara Sepeda Motor Suzuki
- Servis Karburator
- New Smash 110 VS Smash Titan 115
- Rantai Keteng Shogun 125
- Piston Smash di Spin 125
- Suzuki Spin 125
- Karburator Vakum
- accu
- Motorcycle Pictures of the Week - Bikes Only
- Corey Miller motorcycle
- Ducati DIAVEL
- New bikes from Kawasaki
- Spin 125 Ganti Paha Ayam Mio
- Suzuki Spin 125 Pakem Pakai Kampas RX-King
- Tips & Trik Suzuki Spin 125
- over houle over houle suzuki smas...
- Suzuki Spin 125 Pasang Lampu Senja
- SUZUKI NEWS
- Kawasaki Recalls 2009-2010 Vulcan for ECU Problem
- Ramaha Réplica 2011
- Yamaha DT 50 LC 2011
- Cheap Garmin Zumo 660 GPS For Motorcycles 2011
- Yamaha XT 125 X
- Yamaha XJ 6 Blue And Blak 2011
- A High Performance Car With Impeccable Style - The...
- BMW Motor 1000rr Blue And White 2011
- New Motor BMW 1000 RR
- WTF I have NFC what this means.
- Motorcycle Pictures of the Week - ival
- Kawasaki GTR 1400 2011
- Yamaha Aerox 50 Hurry And White
- Yamaha Aerox 50 2011
- S-KTRC (Sport-Kawasaki Traction Control)
- We’ve seen it, sat on it, and heard it run! Kawasa...
- Classic Motor Harley Davidson
- Harley Davidson Girl Contest
- Sexy Models Harley Davidson Motorcycles
- YamahaMT-03_2004_01_1024
- YamahaFJR1300_2005_01_1024
- Suzuki_SV_650_S_2005_01_1024x768
- Suzuki_katana_750_01_1024
- Ducati_Supersport_1000_DS_2004_01_1024
- Cagiva_Raptor_1000_01_1024
-
▼
October
(49)
0 comments:
Post a Comment